Hello DataPublik!


DataPublik menyediakan koleksi data terstruktur (contoh: CSV,XLS,JSON,XML,RDF) seputar kepentingan publik (contoh:anggaran belanja dan pendapatan, keamanan/kenyamanan lingkungan, kesehatan, transportasi, pendidikan) dari berbagai lembaga publik di Indonesia .

Di DataPublik, Anda bisa men-download data atau mengolahnya langsung: tayangkan, cari, filter, urutkan, kelompokkan, kombinasikan dengan data lain, membuat visualisasinya, atau bahkan Anda manfaatkan sebagai sumber pasokan data untuk aplikasi/software yang Anda bangun. 


Semoga inisiatif ini dapat mendorong inovasi layanan dan transparansi lembaga publik di Indonesia.

UPDATE 2016!
Setelah hampir 5 tahun sejak blog ini di-setup, DataPublik mencoba kembali hadir...ehem.. :)

Misi kami semula adalah menyediakan repository data publik yang siap diolah mesin. Namun dalam lima tahun terakhir, dengan semakin banyaknya  dukungan terhadap gerakan open data,beberapa pihak sudah menangani hal ini secara khusus. 

DataPublik tetap akan membahas terkait data, hanya saja kami sedikit melonggarkan "pakem" dari misi kami semula tersebut. Disini kami ingin belajar bersama Anda tentang bagaimana data dipersiapkan , dieksplorasi sedemikan rupa hingga bagaimana caranya agar data bisa memberi manfaat secara maksimal.

Semoga kami dapat berkontribusi untuk menciptakan perubahan:  let's make impact with data!
Hello DataPublik! Hello DataPublik! Reviewed by Huzz on 11:51 PM Rating: 5

No comments:

recent posts

Powered by Blogger.